Bunda, kau yang setia

Kring pagi buta
Ah, suara bunda di sana
Pagi, nak, dan entah apa lagi…
Kurasa aku dihujani do’a,
ah, ya, tahun ini telah tiba saatnya.
Sungguh, kau tetap saja setia.

Kedua kalinya suara bunda:
“Bukan disucikan,
Tak hendak kubuat perayaan.
Kutahu kau takkan suka. Kusetuju.
Lilin, kue, kado, atau kejutan hari ini hanya kebiasaan mereka.
Bukan budaya kita.
Maka bukan selamat, tapi:
Waspada pada sempitnya waktu, ajal yang mendekat.
selain itu, rasanya
selalu ingin ku mengenang, hari pertama kusungguh menjadi ibu.

(hening)

Nak, berjalan terus, aku denganmu,
melangkah lagi, kau kusertai,
kasihku mengejarmu kemanapun.
takkan pernah sesak dirimu, dalam dekapku.”

Kuterpekur,
Ah bunda, tak pernah kukeluhkan cintamu
Selalu kurindu “Semangat!” mu,
denganmu kunikmati musik indah;
darimu kucintai buku dan sejarah;
melalui mimpimu, inspirasi meruah;
sabarmu membuatku belajar bahwa bertanya itu tidak salah;
ajaran sederhanamu membuatku selalu kaya;
do’amu lindungi aku dari lemah, saat kalah, waktu payah;
surat-suratmu, kapasitor cinta buatku,
selalu penuh, tak kurang kala kuhampiri saat gundah.
Hal penting juga bunda,
kau lindungi aku di masa remaja, dengan percaya
tak pernah kauhujani aku dengan tanya dan cerca

Tapi, yang terpenting bunda,
ini sungguh yang terpenting bunda,
yang sejuta terima kasih masih selalu kurang:
upayamu tak kenal lelah, membangunkan jalan buatku
untuk mengenal-Nya.
Hingga pada waktunya, kutahu, kumengerti, dan aku mencintaiNya.
Kucinta bunda, atas namaNya.

(hari terakhir di tahun ke-23 menjadi warga kosmos)

4 thoughts on “Bunda, kau yang setia

  1. maaf baru berkunjung…^_^

    teteh, bagian ini membuatku ingin semakin cepat pulaaaaaaaaaaang…..

    semangat UAS!!!

  2. aku juga lama gak update sur… ayo, semangatlah,biar segera usai, biar cepat pulang,…. he3

Leave a Reply

