Belajar Sains

Apa yang terpikir bila “pelajaran sains” terlintas di benak?

Dua pekan lalu, adikku menghadapi ujian semester. Kulihat ia berkutat dengan buku pelajarannya, menghapalkan materi dari buku berjudul Sains untuk SLTP. Iseng-iseng kupinjam bukunya ketika ia beristirahat. Tak jauh beda dari buku milikku dulu. Padat informasi dan pengetahuan sains yang akan ditanyakan dalam kertas ujian. Kulihat halaman yang berisi soal-soal latihannya. Pertanyaannya didominasi oleh hal-hal yang jawabannya bisa langsung dikopi dari halaman-halaman sebelumnya.

Suatu ketika saat menyampaikan materi kaderisasi di himpunan mahasiswa, aku sempat bertanya,” apakah kalian merasakan manfaatnya pelajaran sains yang digeluti sejak sekolah dasar?”. Hampir semua peserta sepakat menjawab, “Ya!”. Ketika kutanya lagi, “ Kalau begitu siapa saja yang selalu mencuci tangan setiap akan makan atau senantiasa membuang sampah pada tempatnya?”. Kudapati beberapa orang nyengir, menangkap maksudku. Kuisengi lagi, “ Oh, ya tentu kalian pun rajin mandi karena tahu benar manfaatnya bagi tubuh kalian.” Derai tawa pun terdengar.

Penjelasan mengenai anggota badan dan menjaga kebersihan itu materi sains kelas satu SD, lho. Terus kenapa? Ya, jadi ketika saat kuliah tidak memanfaatkan pengetahuan sains tadi untuk menjaga kualitas hidup dalam hal ini kebersihan, apa yang salah? Belum mengertikah? Ah, masa iya?

Mulanya manusia belajar sains untuk lebih memahami alam dan semesta, hingga kehidupan akan lebih baik karenanya. Sebagai bagian dari alam, manusia menyatu dengan alam untuk menaklukkan alam. Sekarang ini sains hanya jadi beban belajar siswa. Memusingkan tanpa bisa ditangkap ilmunya, gunanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s