morning serenade

Music can take you back to paths once traveled, memories once lived, love once felt.

Pagi ini, “Ballade pour Adeline” yang kupilih menemaniku bekerja. Ah, ya dan kautahu tulisan ini muncul. Artinya ia tidak sekedar mengiringi namun sempat mengalihkan perhatianku dan menyedotku ke dalamnya. Salah satu komposisi favoritku, namun sudah lama  tak kudengar lagi. Dalam ingatanku, aku cukup intens mendengarkannya sekitar tahun 2009. Seperti halnya kebiasaanku yang mengganti playlist lagu seminggu atau dua minggu sekali saja dan melulu memutar musik yang sama hingga bosan. Pagi ini, setelah dua tahun lewat, saat tak sengaja kujumpai ia, rasanya seperti berjumpa kawan lama. Dan…

Ah, ya aku teringat beberapa kawan yang hilang. Menghilang atau kuhilangkan, aku tak tahu. Tapi, ya beginilah hidupku. Lama kelamaan mereka akan pergi juga, kecuali hanya sebagian kecil saja yang mungkin sangat berlapang dada untuk menerima atau mungkin tak peduli kerewelan atau kerumitanku. Bukan aku hendak mencari pembenaran. Kadang aku mencari tahu apa yang salah dalam hubungan kami, tapi selalu buntu. Di ujung aku hanya terpaku pada jawaban, “aku tak bisa lagi melanjutkannya“.

Padahal ibuku bilang aku adalah seseorang yang sangat loyal pada kawannya. Ah, benarkah? Mungkin aku juga terlalu posesif, hingga mereka sesak, bu. Mungkin aku terlalu begini dan terlalu begitu. Ya, aku hanya terlalu. Memang sempat kuharap ada, setidaknya seorang saja yang sungguh dekat dan benar-benar saling memahami, setidaknya hingga mati. Tapi biarlah mereka datang dan pergi, sebelum aku lupa tak ada yang abadi di dunia.

 

Leave a Reply

