Kesempatan

Suatu sore, kami kedatangan tamu. Ternyata tetangga dekat yang hendak meminjam uang pada ibuku. Putranya yang ada di luar kota akan melahirkan. Ia ingin mendampingi tapi sedang tak punya ongkos sama sekali. Harapnya, ibuku dapat meminjamkan uang setidaknya untuk ongkos berangkat, karena ongkos untuk pulang akan didapat dari putranya nanti sekalian kelebihan uang yang dapat dipakai juga untuk membayar utang yang hendak ia usahakan sekarang ini.

Saat itu, ibu sedang tak ada di rumah. Bapak kemudian masuk kamar, lalu memberikan uang sekedarnya. Setelah berterima kasih, tetanggaku kemudian berpamitan. Kulihat sepintas raut wajah bapakku menyiratkan sedikit bimbang. Tak lama kemudian, bapak berkata pelan,” itu sebetulnya uang buat bensin besok.” Aku hanya bisa terdiam. Terlintas dalam pikirku, lalu bagaimana bapak hendak bekerja besok, berkilo-kilometer yang harus ditempuh dengan sepeda motornya mungkin tidak cukup  bila hanya mengandalkan sisa bahan bakar hari ini. Belum sempat bertanya kenapa, Bapak  berkata, “Tapi, kalau kita masih berkesempatan membantu orang lain tapi tidak menggunakannya, kita pasti akan menyesalinya kelak. Kita mungkin masih bisa berusaha mencari uang lagi, separah-parahnya meminjamkan uang lagi pada orang lain untuknya, tapi ybs mungkin hanya berani bicara pada kita. Untuk datang meminta bantuan itu, ia telah menahan malu dan harga diri. Jika kita berkesempatan membantu, tapi menolak, ke mana ia akan pergi? Belum tentu pula di masa yang akan datang, ia akan kembali memberi kita kesempatan berbuat baik karena pernah menolaknya. Kita yang rugi.”

Aku terdiam dan merenungkan semuanya. Benar juga. Lalu berapa banyak kesempatan baik yang kuabaikan selama ini? Seketika penyesalan dalam menyusup ke dalam hati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s