Menulis

Ada kesulitan besar yang kurasakan setahun ini. Aku seperti kehilangan kemampuan menulis, atau mungkin justru mendapatkan kesadaran baru bahwa sejak dulu aku tak bisa melakukannya. Sejenak kurenungkan, aku memang belum pernah mendapatkan pelajaran yang memadai tentang penulisan. Bagaimana menyusun kalimat yang baik, membuat paragraf yang koheren, menggunakan bahasa dengan efektif dan efisien. Bahkan aku masih bertanya-tanya, adakah semacam “plain english” dalam Bahasa Indonesia?

Kesalahan mendasar ini kutemui tentu bukan hanya pada diriku. Aku semakin peduli pada hal ihwal menulis dengan baik ini justru setelah beberapa waktu ini menjadi editor sebuah website pemikiran tentang gender. Aku lupa berapa kali kuterima tulisan yang entah harus kuapakan, karena logika yang melompat-lompat, data yang tidak akurat, kesulitan menemukan pokok pikiran dalam sebuah paragraf, dan sebagainya. Membuatku berpikir, jika aku dihadapkan pada tugas menulis tentang topik yang sama, apa jadinya tulisanku?

Akhirnya kuputuskan bahwa aku memang harus belajar dengan serius, tapi itu pun membawaku pada permasalahan baru. Aku bingung memulai dari mana. Ada banyak grup yang menamai dirinya belajar menulis, menerbitkan buku, dan sebagainya, akan tetapi yang kucari tak ada di sana. Kebanyakan hanya berisi motivasi tentang menulis. “Menulislah, semua orang dapat menulis!”, dan semacamnya. Rasanya aku ingin berteriak,”Tidak!”. Tidak semua orang dapat menulis, dalam artian menulis yang baik yang layak dibaca orang lain. Bahkan yang lolos terbit sekalipun belum tentu kepantasannya. Jujur, aku semakin muak dengan banyaknya sampah yang beredar. Semakin naik lagi darahku bahwa kapasitasku pun belum beranjak dari derajat sampah itu. Oh, Tuhan!

Kemudian aku mencoba jalanku sendiri. Entah benar atau tidak, kumulai dengan mengumpulkan sejumlah panduan editing dari berbagai negara, setidaknya aku menemukan sejumlah istilah yang penting. Istilah penting yang memanduku untuk dapat mencari parameter-parameter sebuah tulisan yang baik. Mungkin selanjutnya akan kulanjutkan dengan mencari buku-buku pokok yang terkait. Oh, jika ada yang paham soal ini, bantulah aku.

Leave a Reply

