Prioritas

Apa atau siapa yang kaudahulukan dalam hidupmu? Pertanyaan penting yang harus kaumiliki jawabannya sehingga kau takkan kehilangan arah dalam hidupmu. Orang seringkali terjerembab dalam kubangan penyesalan karena lambat memutuskan hal itu.

Banyak hal penting yang hadir dalam hidup manusia. Mereka datang dan pergi. Kadang sebagiannya hadir duluan, misalnya keluarga. Sementara yang lain menyusul belakangan seperti kawan-kawan. Lainnya adalah yang dibangun sendiri, contohnya mimpi-mimpi. Mereka hadir dan tentu saja pada waktunya dapat pergi, bertambah, kadang berganti.

Pada satu atau dua kesempatan hal-hal penting itu berdesakan meminta perhatian utama. Bagaimanapun manusia tidak memiliki kesempatan eksis pada ruangwaktu paralel sehingga solusinya adalah memilih satu hal dan meninggalkan atau menunda yang lainnya. Di sinilah tantangannya. Rumus apa yang hendak digunakan untuk menentukan satu hal itu benar-benar lebih penting, lebih utama, lebih superior dibanding yang lainnya? Hanya pilihan yang tepatlah yang akan menyingkirkan penyesalan di belakang.

Kupikir hal ini termasuk juga ke dalam perkara yang sulit diputuskan sendiri oleh manusia. Kau pernah terjebak dalam situasi ini? Ada yang berebut menuntut dirimu dan perhatianmu tak dapat terbagi sehingga kau harus memilih. Padahal kau tak ingin memilih karena semuanya sama berharganya. Islam menyederhanakan semua itu. Masalah ini pernah tercetus dalam pertanyaan seorang sahabat Rasulullah Muhammad saw.  

Advertisements

2 thoughts on “Prioritas

  1. Ra, bisa tolong kasih penjelasan terkait dua kalimat terakhir dalam tulisan ini? Seperti apa Islam menyederhanakannya? Kisah sahabat yg mana yg kamu maksud dan bagaimana jawaban atas pertanyaan yg beliau ajukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s