Ikat Aku, Ya Rabb…

Hal-hal yang memberatkan batin seolah lepas ketika kita sadar bahwa semua ikatan itu fana. Akhirnya, what really matters adalah yang kekal. Segala yang dapat hilang di dunia, akan hilang pada waktunya. Mengapa terlalu erat didekap? Sementara yang kekal, mengapa terabai?

 

Kesadaran itu mahal. Sadar bahwa kita hanya menggenggam kehampaan dan takkan pernah mampu menyimpannya terus merupakan suatu kepahitan. Kadang kita ingin melupakan itu semua. “Persetan semuanya, hari ini, inilah yang kurasakan!” Lantas kita terjatuh pada lembah kotor, hanya karena merasa berhak atas setiap kesenangan yang bisa dirasa, sekarang. Mereka bilang, itu nafsu. Simpul-simpul kita dengan dunia ini, dipelihara oleh nafsu. Semakin terikat semakin sesak, semakin kering, semakin hampa, semakin haus kematian sekaligus takut terhadapnya.

 

Melalui perenungan aku menemukan bahwa kebahagiaan terasa lebih intensif ketika ikatan-ikatan duniawi melonggar dan hubungan dengan Allah SWT terasa lebih kuat. Sepintas rasanya sulit. Sebuah paradoks lagi. Segala yang “riil” saat ini, terindera, terpindai, semuanya fana, tak betul-betul nyata. Tapi yang hakiki justru di luar jangkauan indera kita. Tapi yang namanya fitrah, ketika kita bisa terhubung pada yang tak terindera tadi, rasanya juga berbeda. Ketenangan mulai menyusup karena merasa terjaga meski tetap menyimpan kecemasan, harap-harap cemas akan ridla-Nya.

 

Semua tidak terjadi secara otomatis. Ya aku tahu ada upaya sadar yang harus dijalankan terus-menerus. Mengingat itu bukan perkara mudah. Mengingat-Nya sehingga kita terjaga. Menjadikan-Nya tempat mengadu pertama. Menemukan dan merasakan kasih sayang-Nya perlu dilakukan lewat perenungan serius, bukan sebuah refleks. Apalagi jika hati kita telah terlampau lama berjelaga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s