Ketika ada yang tidak dapat diakses untuk suatu perbaikan, jawabnya mungkin hanya untuk dilupakan. Berhenti menggedor pintu memori sekedar berusaha agar mengenangnya dapat menjadi lebih indah. Hal-hal yang dianggap belum selesai terkadang sudah tak perlu lagi diungkit karena apapun upaya penyelesaiannya sudah tak akan membawamu kemana-mana.

Tak ada yang pernah kubagi cerita tentangnya, kecuali hanya remahan tak berarti yang tak pernah cukup digunakan untuk merangkai kisah apapun.

Tapi jauh di dalam sana ia merengkuh bagian besar dalam jiwa yang berkontribusi pada sepertiga mimpi besar yang kugunakan untuk mendefinisikan hampir seluruh perjalanan hidupku. Posisinya imanen, laten. Lahir entah dari mana, seperti terbendel begitu saja dalam paket takdirku.

Tenang ia, diredakan kedalamannya. Tapi tak kusangka akan beriak juga karena sejumlah guncangan. Ia telah mati, mungkin aku lupa. Tapi selama satu dekade ini adanya dalam ketiadaan menggenggam gejolakku hingga kemarin dijumpainya sebuah celah. Tak ada yang berubah di dalam tapi celah itu menjadi jendela yang mengubah kondisi tenang jadi beriak.

Setelah guncangan itu, riak itu, yang memulas muka remaja yang tidak pernah kukenal, rasanya kembali hampa. Ia bergelung lagi dalam memori itu. Mungkin ia hanya tak ingin dihapus meski tahu sudah tak mungkin lagi kemana-mana. Sementara geliat kegelisahan hanya akan membuang tenaga dan jatah menghirup udara. Arggghhh… I’m tired with all these and a restful death is what I cry for… Setelah mencuri sedikit dari Shakespeare, ada saputan kabut tipis yang menggoda untuk membelai maut. Namun… Akankah peristirahatan menanti di balik kehidupan atau ia justru kemelut panjang?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s