Cintai anakmu

Kebutuhan anak yang utama itu cinta. Orangtua tidak cukup hanya merasa telah mencintai anaknya. Sang anak harus dipastikan merasa aman, terlindung, merasakan hangatnya kasih sayang. Pemberian rasa aman dan perlindungan bukanlah proteksi berlebih, tapi lebih pada jaminan atas ekspresi emosi anak sehingga dia punya kesempatan baik mengeskplorasi diri dan mencurahkan emosi sesuai tahap perkembangannya hingga matang. Dia pun belajar arti cinta dan mencintai.

Heranlah jika anak kecil anda jarang menangis, merengek, marah dalam diam. Pastikan semua ekspresi emosinya sehat. Buat anak percaya bahwa orangtuanya akan membantu dia menghadapi dunia tapi dengan mempersilakannya berhadapan duluan, bukan mengambil alih pemecahan masalah. Biarkan anak bertarung dengan jaminan anda akan selalu mengawasinya dan siap membantu kala dia melemah atau tak sanggup lagi.

image

Orangtua takkan selamanya hidup untuk anak. Jika sedari kecil orangtua merampas hak anak untuk bersikap seperti anak kecil, merampas kesempatannya untuk mengatasi dunianya sendiri, maka mereka telah membonsai anaknya. Anak kecil itu tak pernah keluar dan tumbuh, ia terperangkap dalam tubuh dewasanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s