Kemuliaan ahl-ul-‘ilmi

Allah meninggikan derajat orang-orang berilmu. Dikatakan begitu dalam firmanNya, surat al-Mujadilah ayat 11. Dari sana kita paham bahwa ilmu lebih ditinggikan dari kuasa politik, kuasa ekonomi, nasab, apalagi sebatas rupa. Ayat ini menjadi motif bagi setiap muslim untuk berlomba-lomba meninggikan posisi mereka di sisi Allah, dengan ilmu.

Derajat adalah tahap meningkat. Bayangkan seperti menaiki tangga menuju ke atas. Tentunya lebih berat dibandingkan dengan jalan menurun yang relatif membutuhkan sedikit energi. Karena itu setiap orang yang bergulat dengan ilmu adalah mereka yang berkomitmen bergaul akrab dengan kesulitan. Imam syafi’i menyatakan hal ini dalam salah satu syair dalam diwannya:

اَلاَّ  لاَ  تَناَلُ  اْلعِلْمَ   إِلاَّ  بِسِتَّةٍ      سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ

ذَكاَءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِباَرٍ وَبُلْغَةٍ      وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَانٍ

Ingatlah! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan memenuhi 6 syarat. Saya akan beritahukan keseluruhannya secara rinci. Yaitu: Kecerdasan,  kemauan (rakus akan ilmu),  sabar,  biaya (pengorbanan materi/ waktu), petunjuk (bimbingan) guru dan dalam tempo waktu yang lama.”

Dengan demikian sudah selayaknya kita memperlakukan para ahli ilmu dengan adab yang tepat. Bersikap tawadlu di hadapan guru; bersabar dan lemah lembut pada murid; bersabar, saling membantu, dan berbagi hikmah dan nasihat dengan sesama penuntut ilmu, adalah sebagian dari hal yang selayaknya kita lakukan karena keistimewaan mereka di hadapan Allah. Hal itu wajar karena sejatinya merekalah penjaga kemanusiaan. Tanpa ilmu, jiwa manusia padam, ia akan kehilangan hakikat dirinya sebagai insan dan yang tersisa hanyalah unsur-unsur hewani yang dikemudikan hawa nafsu. Wallahu a’lam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s