Ignorance is a bliss

Baru jalan dua bulan deaktivasi akun facebook ternyata hasilnya signifikan. Aku benar-benar buta dengan isu-isu tren yang ramai dibincangkan orang sampai ada teman yang membahasnya di ruang offline. Kebutaan itu sedikit banyak membawa kedamaian dan membuatku lebih fokus pada pekerjaan ketimbang misuh-misuh ingin mengoreksi ini-itu.
image

Aku bahkan baru saja tahu bahwa sampai ada perdebatan terkait “ngamat atau salat” pas momen GMT/GMP  kemarin, hedeuuuhhh… Kalau saja aku online mungkin ga bisa nahan sinis juga, haha. Tapi, sekali lagi ignorance is a bliss.

Penyakit ngecepres dulu baru mikir (kalau beneran mikir itu juga) yang menjangkiti “orang-orang” ternyata semakin akut. Asal bisa share, seolah everything will be okay. Kalau ada yang membantah, perang link berlanjut. Duh, Gusti…

Soal signifikansi GMT sendiri malah tidak jadi perhatian utama. Sepertinya tidak banyak yang paham apa yang bisa dipelajari darinya, kesempatan apa yang ditawarkan momen langka itu untuk membangun sains kita. Tapi ya, sudahlah, mungkin sebagian tinggal ngeles juga kalau itu jatahnya para ilmuwan. Sebagai bagian dari orang awam saat ini (karena tidak terlibat aktif secara formal dalam ‘praktik sains’), akupun hanya bisa menunggu beritanya (hiks, berita saja).

Banyak yang belum kita pahami bahkan tentang yang terdekat dengan kita, yang kita anggap ‘biasa’. Kesempatan untuk mencari lebih banyak itu kadang hanya dalam kesempatan langka yang singkat.

Kadang kita merasa paham. Tapi pemahaman kita sebenarnya rapuh karena sekedar bertumpu pada bangunan praduga yang kita persepsikan sendiri atas realitas lalu dilindungi keangkuhan ‘rasa tahu’ (halah, sounds so austenian, ha?! Hahaha…). Aku sedang merenungi hal itu, bukan hanya terkait matahari, tapi juga Jogja, diriku sendiri, dan juga kamu yang dulunya kupikir akan sangat mudah dikenali, juga mereka yang sering kusebut sebagai “orang-orang”, amalgam ‘keresean‘. Huh!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s