Identitas Buku dalam Kode

Aku menggunakan standar DDC (Dewey Decimal Classification) yang dimodifikasi sesuai kebutuhanku untuk mengatur koleksi buku, terutama e-book karena untuk buku fisik Sayangnya, beberapa kali menemukan kesulitan dalam pengkodean saat ada beberapa versi buku dari karya penulis yang sama atau penulis tersebut punya karya lain dalam kelas yang sama. DDC menjadi tidak cukup lagi. Perlu ada pengkategorian khusus.

Nah, belakangan aku tahu ternyata ada yang disebut dengan work mark. Metode ini memungkinkan adanya kode tambahan untuk kasus yang kusebut di atas sehingga setiap buku tetap spesifik.

Work mark biasanya dicantumkan setelah cutter number. Penemuan Charles Ammi Cutter ini memungkinkan buku-buku yang diklasifikasikan dengan DDC dapat diatur secara alfabetis. Caranya dengan menggunakan kode alfanumerik dari nama belakang penulis. Sangat membantu saat koleksi perpustakaan semakin besar. Sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru. Di perpustakaan besar sistem ini sudah dipakai. Tapi aku baru mencari tahu tentang teorinya saat kebutuhan untuk mengatur koleksi pribadi makin mendesak. Terutama untuk koleksi e-book, heu.

Satu lagi, untuk buku fisik kadang kutemukan ukuran buku yang sangat bervariasi sehingga merepotkan saat mengaturnya di rak. Meski sebetulnya sudah rapi, dalam artian berada pada kelas yang tepat, tapi ukuran yang beragam mengganggu persepsi kerapian visual. Ternyata, sudah ada juga size designation yang digunakan untuk mengatur buku di perpustakaan. Berikut ini yang digunakan oleh Asosiasi Perpustakaan Amerika.

image
http://www.trussel.com

Jadi memang ada rak-rak khusus untuk menyimpan buku-buku besar. Kalau di perpustakaan besar, masalahnya bukan lagi sekedar persepsi visual tapi bercampurnya buku-buku besar di rak yang kecil akan mempersempit lorong atau mengganggu jalannya kereta buku pada waktu shelving, bahkan bisa berbahaya karena rawan jatuh, dsb. Sementara menyeragamkan ukuran rak agar mengakomodasi setiap buku besar yang menyelip juga bukan pilihan ekonomis dan estetis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s