Batas

Pagar, definisi, horizon, sumur potensial, garis, hukum,…
Sementara itu saja yang muncul di kepalaku secara spontan saat kata “batas” terlintas.

Batas dalam pemaknaan positif adalah penjaga. Antara yang terizinkan dengan terlarang; antara yang dimiliki dengan tidak; antara yang terlibat dengan yang terekslusi. Demikianlah hal baik berada dalam batasnya, tidak keluar dari pagar. Dalam konotasi negatifnya, pagar adalah jeruji, kekangan, hambatan, sumur potensial yang perlu diterabas. Menjadi luar biasa ketika melampauinya, out of box.

Batas itu akan jadi begitu penting kala kita bicara tentang masyarakat yang progresif. Setiap kejadian, problem, selalu menantang kita untuk merespon. Respon yang tepat akan membuat kita bertahan. Sebaliknya, kita bisa punah. Namun adakalanya respon yang nampak menjadi jawaban justru adalah bencana tertunda. Seperti ilustrasi dalam hadits populer tentang dua komunitas di kapal. Ketika penumpang di dalam perut kapal kekurangan air, mereka bisa saja meresponnya dengan melubangi dinding kapal. Mereka mendapat air, tapi solusi tersebut justru akan menamatkan mereka pada sementara waktu.

Aku baru saja menamatkan beberapa buku untuk keperluan prapenelitian tentang CSE. Di antaranya berjudul “There She is: Miss America” dan “America as a Hypersexual Society”. Membaca sejarah Amerika selalu menarik bagiku. Cerita tumbuh kembang suatu bangsa dengan spirit pragmatisme-nya yang sanggup memposisikannya sebagai “yang dominan” selalu menyimpan detil-detil menakjubkan dan tak disangka-sangka. Kesimpulan sederhananya, mereka innocent, meski mungkin ada beberapa urusan yang dirancang sebagaimana kata peminat teori konspirasi, tapi sepanjang perjalanannya, pragmatisme itu sesederhana aku lapar lalu kuambil penganan dan kumakan hingga aku kenyang. Tanpa rancangan aku harus lapar pukul sekian sekian agar cocok dengan jadwal diskon kios bakso favorit atau jadwal kedatangan kawan yang hobi mentraktir.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s