Silly Chicken

Siapa bilang banyak kepala lebih baik dari satu? Siapa bilang orang yang dianggap pintar selalu melakukan hal benar dan bermanfaat? Buku ini menggugat mitos-mitos itu. Ya, memang kalau dibilang menggugat mungkin terlalu kasar, tepatnya menggelitik.

Kutemukan buku ini berdasarkan rekomendasi seorang kawan. Menurutnya tulisan Idries Shah menarik dan mendorong pada suatu perenungan. Aku belum pernah mendengar nama itu, namun segera kucari buku-bukunya. Judul pertama yang kutemukan adalah silly chicken ini.

Silly chicken adalah kisah yang sebetulnya sederhana. Menggelitik masyarakat yang dapat dikatakan masih berada pada fase mistis: mudah terpana pada yang ajaib, gampang dipengaruhi takhayul.  Segala yang tidak jelas bisa dijadikan landasan tindakan individual maupun sosial. Hal yang tidak jelas itu tak selamanya yang bersifat supranatural semacam ramalan, bisa jadi termasuk omong kosong yang populer belakangan ini, hoax.

Manusia semakin berkecenderungan meletakkan lisan lebih tinggi daripada akal nampaknya sehingga apapun yang berbunyi dianggap benar. Makin keras dianggap semakin kuat nilainya. Hal kedua yang dilihat adalah darimana sumbernya, biasanya asal disampaikan orang yang dianggap tokoh, atau sebatas orang kontroversial, atau bahkan tokoh yang ajaib seperti si ayam konyol ini, maka ujarannya dianggap bertuah. Tidak lagi melihat pada isi, menguji kata-katanya itu sendiri atau memandang pada keahlian pengujar. Masihkah yang dia sampaikan berada pada luasnya kemumpuniannya atau sudah di luar batas kapasitasnya.
Di dalam buku yang ditulis dwibahasa Inggris dan Spanyol ini lihatlah pontang-pantingnya orang-orang dihembus isu yang bermula dari seekor ayam. Mereka termakan oleh berita tak jelas tanpa berpikir dan mengecek kebenaran hingga menimbulkan kepanikan luar biasa.

Idries Shah, seorang penulis dari Inggris mengemas kesederhanaan pesan itu dalam cerita yang menarik. Idries seorang sufi yang banyak menulis untuk mengenalkan khazanah kebestarian Timur di Barat; melepaskannya dari kerangkeng mitos eksotis atau mistis, banyak menggunakan cerita sebagai media menyampaikan ide-idenya. Buku ini adalah salah satunya. Tidak hanya menghibur, benar seperti kata kawanku, ia membawa kita lebih dalam merenung. Ditambah ilustrasi yang segar dari Jeff Jackson, membuat buku ini lumayan asyik untuk dibaca atau didongengkan.

Keterangan Buku:

Judul: Silly Chicken
Penulis: Idries Shah
Ilustrator: Jeff Jackson
Penerbit: Hoopoe Books
Tahun Terbit: 2005

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s