Steal Like an Artist 

Ini adalah buku kedua tentang pencurian yang kubaca dan di dalamnya ‘mencuri’ dibahas sebagai sesuatu yang mulia, bahkan hingga level tertentu, heroik. Dari judulnya, awalnya aku tak begitu tertarik, tapi aku yang waktu itu merencanakan bepergian ke luar kota, butuh bacaan selama di kereta. Kupikir buku ini mungkin bisa dibaca santai untuk melewatkan waktu. Eh, ternyata bukunya malah habis kubaca sekali duduk saat menunggu keretanya tiba. 

Buku ini ditulis secara menyegarkan oleh penulis yang juga ilustrator dan lulusan interdiciplinary studies ini membahas tentang penggalian kreativitas dengan cara menarik. Meski buku ini kugolongkan sebagai semacam jenis buku motivasi atau how to, atau mungkin semacam personal growth advice yang ringan dibaca, isinya cukup inspiratif.

Austin Kleon di meja kerjanya. Sumber: http://www.austinkleon.com

Mencuri dari orang lain, adalah tahap pertama, dalam perjalanan menemukan diri sendiri, karena penulis percaya originalitas itu tidak ada. You don’t need to be genius, you just need to be yourself. Creativity is everywhere, creativity is for everyone.

Buku ini ditulis dalam sepuluh bab bab berisi poin-poin penting untuk menghidupkan aspek kreatif dalam diri. Mulanya poin-poin ini ia sampaikan dalam sebuah acara bincang-bincang di sebuah forum dengan audiens mahasiswa di Newyork. Kemudian rekaman bincang-bincang itu menjadi viral dan Kleon menggali ide-idenya lebih dalam lagi untuk kemudian dituangkan dalam buku ini. Penulisannya terasa cukup personal karena penulis menyatakan bahwa poin-poin yang ia bahas di sini merupakan hal-hal yang ia harap ia dengar di awal ia membangun karier sebagai penulis. 

Di bab-bab awal, ia mulai dengan ajakan untuk ‘mencuri’ dari para maestro. Lalu ia menyebut kesalahan banyak orang yang seringkali menunda pekerjaan sampai ‘selesai mengonsep diri’. Tulisannya mengalir terus mencakup strategi untuk mengkompromikan “cara normal” bertahan hidup sembari terus berkarya hingga bagaimana caranya “menampilkan hasil kerja”.




Keterangan Buku:

Judul: Steal Like an Artist: 10 Things Nobody Tells You About Being Creative
Penulis: Austin Kleon
Ilustrator: Austin Kleon
Penerbit: Workman Publishing
Tahun Terbit: 2012


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s