Beg, Steal, and Borrow

Dalam salah satu episode The Big Bang Theory, saat Sheldon Cooper dikunjungi Wil Wheaton bersama Adam, putra Leonard Nimoy untuk pengambilan video, ia berkata kurang lebih seperti ini, “Sorry but, you’re only half of Spock. I mean half of you’re DNA is your mom’s”. Dengan logika yang sama, bahkan Leonard Nimoy (pemeran Spock idola Sheldon) yang orisinal pun, tidak begitu orisinal jika mengingat ia juga perpaduan DNA orangtuanya. Adegan tersebut menggambarkan ide yang dibahas dalam buku ini: mempertanyakan lagi konsep orisinalitas dalam hidup kita. Setelah Adam dan Hawa tak ada lagi manusia yang orisinal di bumi ini. Seluruhnya adalah salinan dan pembauran dari berbagai data DNA yang diwariskan dari orangtua, dan bersambung terus pada leluhurnya.

Bahkan dalam perilaku, kita belajar dengan meniru. Hal tersebut sangat fundamental. Sebelum kita mampu berpikir dengan sempurna, kita belajar berjalan, menggunakan peralatan makan, bernyanyi, dengan meniru. Hal itulah tesis utama dari penulis buku ini. Dalam dunia seni, semuanya adalah reka ulang, pengembangan, tiruan, reproduksi dari segala yang pernah ada. Para pelukis pada mulanya membuat gambar dengan meniru alam. Kemudian menginspirasi seniman setelahnya, demikian terus yang terjadi dalam sepanjang sejarah seni. Rekontekstualisasi, pengadaptasian, pembuatan versi baru dari suatu pesan melalui seni merupakan sesuatu yang berlangsung dari dulu dan terus hidup hingga kini dalam dunia seni.

Akan tetapi, mencuri itu dilarang, kan? Mengambil suatu karya untuk dijadikan sebagai karya sendiri merupakan tindakan ilegal. Karena itu ada suatu hukum semacam fair use di Amerika Serikat atau fair dealing di Inggris yang mengatur batasan penggunaan suatu karya terdaftar dalam karya transformatif semacam komentar, kritik, atau parodi.

If, on the other hand, the secondary use adds value to the original–if the quoted matter is used as raw material, transformed in the creation of new information, new aesthetics, new insights, and understandings–this is the very type of activity that the fair use doctrine intends to protect for the enrichment of society.

Judge Pierre N. Leval
Perhatikan “stempel”-nya: “This is not a penguin book”

Keterangan Buku

  • Judul: Beg, Steal, and Borrow, Artist Against Originality
  • Penulis: Robert Shore
  • Penerbit: Laurence King Publishing
  • Tahun/Kota Terbit: 2017/London
  • ISBN: 9781780679464

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s